Besok, Mendagri Hadiri HUT Satpol PP di NTT

By Admin

nusakini.com-- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo akan menghadiri Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kupang, NTT. Sekaligus upacara peringatan HUT Satpol PP ke-67 dan Linmas ke-55. 

Kedua jajaran satuan petugas ini, kata Tjahjo adalah garda terdepan pemerintah daerah (Pemda) dalam menegakan perda, penyelenggara ketertiban umum dan menjaga ketentraman, perlindungan masyarakat. Semangat ini harus terus dikembangkan sebagai korps di satuan tersebut. 

Pada kesempatan tersebut, atas nama pemerintah Tjahjo juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Satpol PP ke-67 dan Satuan Linmas ke-55. “Saya haturkan rasa bangga dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian mereka mengemban tugas di masyarakat,” kata Tjahjo. 

Peringatan hari ulang tahun Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat di NTT ini mengambil tema "Peningkatan Peran Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Menjaga Kemajemukan Masyarakat di Daerah" 

“Seperti kita ketahui sistem pasukan Satpol PP merupakan potensi besar yang harus dimanfaatkan. Ditambah dengan keberadaan Linmas di bawah pembinaan teknis Satpol PP, untuk berbagai kegiatan seperti deteksi dini, pengamanan, pertahanan dan bencana,” tambah dia. 

Tjahjo juga mengimbau agar segenap komponen pemerintahan bersama-sama menjalin kerjasama yang massif dan kondusif agar ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang dapat memecah belah bangsa ini teratasi. Selain itu, ubah paradigma dan tinggalkan pola pikir dilayani ke melayani. (p/ab)